Resep Oatmeal Cookies

Sewaktu baru melahirkan, rasanya ingin sekali sempurna asupannya supaya ASI berlimpah. Melihat socmed banyak berseliweran resep-resep midnight meal yang kebanyakan pakai oatmeal. Akhirnya saya coba stok oatmel di rumah yang seukuran 200 gr. Baru dicoba satu kali makan dan saya tidak suka karena memang pada dasarnya saya kurang suka yang lembek-lembek. Akhirnya oatmeal tersimpan rapi di lemari sampai akhirnya baru kemarin diolah menjadi kue kering, oatmeal cookies, karena khawatir keburu kadaluarsa.

Oatmeal cookies ini juga ada tambahan kismis. Entah kenapa kismis yang sudah dipanggang berubah rasa jadi asam dan pahit. Jadi kami makan cookiesnya pilih-pilih, buang kismisnya. Haduh sayang banget. Kalau kata teman saya, kismis juga ada tingkatan kualitasnya. Baiklah nanti belajar lagi mengenai memilih dan mengolah kismis. Ternyata memasak itu perlu ilmu juga ya. Secara rasa, cookiesnya pas, renyah, dan enak.


Resep Oatmeal Cookies
250 gr margarine

160 gr gula pasir

1/2 sdt pasta vanilla

2 butir kuning telur

1/2 sdt baking powder

150 gr kismis

200 gr oatmeal

250 gr tepung terigu serbaguna

1 sdt kayumanis bubuk
Cara membuat :

1. Mixer margarine dan gula dengan kecepatan tinggi hingga mengembang.

2. Tambahkan telur dan pasta vanilla. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga bercampur. Matikan mixer.

3. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan kayumanis bubuk. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata.

4. Tambahkan oatmeal. Aduk rata.

5. Tambahkan kismis, aduk rata.

6. Panaskan oven. Sambil menunggu oven panas, cetak adonan dengan menggunakan garpu di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti atau mentega dan tepung.

 7. Oven dengan api sedang selama 45 menit atau sampai matang dan kering.
Selamat mencoba 😉

| Leave a comment

Resep Otak-Otak Bandeng Sederhana

Pada awalnya saya tidak pernah peduli dengan bandeng karena banyak durinya dan ibu saya juga bilang kalau bandeng hidupnya di lumpur jadi kurang enak. Tetapi ketika tau bahwa bandeng mengandung Omega 3 yang lebih tinggi dari salmon saya jadi suka. Ohya, ikan bandeng ini juga bisa loncat tinggi lho. Para petaninya saja harus pakai helm ketika panen ikannya.😆

Olahan favorit untuk saya adalah acar Bandeng karena segar, asam pedas. Kali ini saya mencoba menu lain tapi masih sekitar bandeng yaitu Otak-Otak Bandeng. Yang enak dari otak-otak bandeng ini adalah kita tidak usah khawatir dengan durinya ketika makan, tinggal lep aja. Ini juga pengalaman pertama saya mencoba memisahkan tulang ikan dari badannya. Serasa chef handal 😂, padahal mah.. 😆..

Alhamdulillah anak-anak pada doyan.

Untuk memisahkan tulang ikan dari badannya, ada teknis khusus. Bisa dilihat di youtube ya tutorialnya. Saya belajar dari link Kompas TV ini. https://m.youtube.com/watch?v=crsfFU0qJwM

Resep Otak -Otak Bandeng Sederhana
Bahan: 

2 ekor bandeng ukuran sedang, ambil dagingnya yang sudah dipisahkan dari kulitnya

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

3 sdm tepung tapioka

2 sdm santan kental

4 sdm air

2 putih telur

Garam

Gula

Merica

Daun jeruk iris tipis

Daun bawang iris

Pencelup : 1 butir Telur +air
Cara membuat :

1. Blender daging bandeng dengan tambahan putih telur, tepung tapioka, air, santan, bawang merah dan bawang putih, dan merica sampai halus. Tuang pada Baskom

2. Tambahkan gula, garam, irisan daun jeruk, dan daun bawang. Aduk rata.

3. Masukkan adonan ke dalam kulitnya kembali.

4. Olesi kukusannya dengan minyak agar ikan tidak lengket. Kukus kurang lebih 30 menit. 

Selamat mencoba. 😍

| Leave a comment

Resep Brownies Panggang

Yeay, finally berhasil juga membuat brownies panggang. Ini adalah percobaan yang kedua membuat brownies panggang. Sebelumnya brownies belum matang di bagian tengahnya tapi sudah gosong dibagian bawah. Ternyata ini efek dari temperatur oven yang tidak pas karena temperatur oven saya rusak dan pakai oven tangkring. Jadi selama membuat bolu atau kue pakai feeling. Alhamdulillah sekarang sudah faham cara penggunaan oven saya tersebut.

Bertepatan dengan pilkada besok di Jakarta, saya dan suami berencana pulang ke rumah untuk memantau langsung berjalannya pemilu. Untuk menjadi saksi apabila terjadi kecurangan. Berhubung ada request dari mamah juga untuk nyicip kue atau bolu buatan saya, jadi saya mencoba untuk bawa brownies panggang saja yang mudah. Padahal pengalaman bikin brownies panggang sebelumnya belum berhasil, tapi dengan percaya dirinya saya mencoba buat. Alhamdulillah hasilnya memuaskan. Browniesnya lembut di dalam dan garing di luar.. hmmm. Ternyata untuk membuat mengkilap atasnya, sebelum memasukkan loyangnya keadaan oven sudah harus dalam keadaan panas. 

Ohya, sebelumnya juga saya agak khawatir karena resepnya tidak pakai pengembang, tapi hasilnya brownies tetap mengembang.. 😄

Cerita lain di balik Browniesnya, tim cip icip 2 krucil ikut asik nyolek-nyolek tepung, coklat, dan adonan sisanya. Gak apa apa lah, yang penting anteng dan saya bisa buat dengan tenang. 😄 Yang bikin geli adalah muka dan tangan mereka yang belepotan dan cemong. 😂 Baking memang bikin bahagia ya. Tambah bahagia lagi ternyata anak-anak juga doyan.😙

Baiklah, langsung saya share resepnya ya.

Resep Brownies Panggang :

Bahan I :

100 gr tepung terigu

25 gr tepung tapioka

25 gr susu bubuk

50 gr coklat bubuk

Campur semua
Bahan II:

4 butir telur

220 gr gula pasir
Bahan III:

150 gr margarine

350 gr coklat batangan

Cairkan keduanya dengan ditim
Cara membuat:

1. Kocok bahan II dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang kira-kira 15 menit.

2. Tambahkan Bahan III, kocok dengan kecepatan rendah sampai rata.

3. Tambahkan Bahan I, kocok dengan kecepatan rendah sampai rata.

4. Siapkan loyang yang telah diberi alas kertas roti atau olesan margarine dan tepung. Saya pakai loyang ukuran 25x10x5 cm jadi 2 loyang.

5. Isi loyang dengan adonan 3/4nya karena akan mengembang.

6. Oven dengan api sedang selama 45 menit atau sampai matang. Lalu tes tusuk.
Tes tusuk adalah tes kematangan bolu dengan menusuk menggunakan sumpit atau kalau saya pakai tusuk sate. Jika tidak ada adonan yang menempel maka bolu sudah matang, begitu pula sebaliknya.

Selamat mencoba 😍

| Leave a comment

Resep Pempek Udang

Pempek merupakan makanan khas dari daerah Sumatera, terkenal dari daerah Palembang, Jambi, dan Lampung.

Saya mau share pempek homemade yang praktis dan mudah sekali. Pempek ini berbahan dasar udang. Tentunya udang mudah didapat dibandingkan dengan tenggiri ya. Pempek udang ini juga punya nama pempek sutra karena teksturnya lembut dibanding pempek yang biasanya. 

Resep Pempek udang :

Bahan pempek :

250 gr udang, kupas kulit, kepala, dan ekornya

1 gelas tepung tapioka

1 gelas tepung terigu

3 siung bawang putih

1.5 gelas air

1 sdt garam
Bahan cuko :

Air asam jawa dari 3 biji asam

2.5 gelas air

100 gr gula merah

Garam secukupnya

7 cabai rawit merah, haluskan

3 siung bawang putih, haluskan

HTC : Rebus air dan masukkan semua bahan-bahan cuko.
Tambahan : Ketimun
Cara Membuat :

1. blender udang dengan tambahan air dan 3 siung bawang putih hingga halus. Saya pakai blender untuk bumbu basah.

2. Campur tepung terigu, tepung tapioka, air, garam, dan udang yang sudah diblender. Aduk rata.

3. Masukkan adonan ke dalam mangkok alumunium foil atau loyang bolu atau bisa juga plastik es lilin (tapi saya tidak rekomendasikan yang plastik lilin ya). Saya pakai mangkok alumunium foil.

4. Kukus kurang lebih 45 menit. Angkat. 

5. Potong-potong pempek yang sudah dikukus lalu goreng.

6. Sajikan dengam cuko dan tambahan potongan ketimun.
Selamat mencoba..

| Leave a comment

Resep Choco Chips Cookies

Kemarin saya dan anak saya, Adzka, belajar membuat Choco chips Cookies atau Double Chocolate Cookies atau cookies seperti Good Time. Rasanya renyah.. bikin nagih terus gak bisa berhenti. Anak-anak sudah pasti doyan.. 😊

Yuk kita langsung aja ke resep.

Resep Choco chips Cookies :

200 gr tepung terigu

200 gr margarine

100 gr gula halus (saya pakai gula pasir diblender dengan blender bumbu kering)

80 gr choco chips

1/2 sdt baking powder

1 butir telur

2 sdm coklat bubuk
Cara Membuat :

1. Campur margarine dan gula halus dengan mixer dengan kecepatan tinggi kurang lebih 5 menit

2. Tambahkan telur, mixer dengan kecepatan tinggi kurang lebih 5 menit. Sisihkan

3. Campur tepung terigu, coklat bubuk, dan baking powder.

4. Tambahkan campuran tepung terigu ke campuran margarine tadi dengan cara diayak sambil diaduk dengan spatula.

5. Tambahkan Choco chips, aduk rata.

6. Cetak pipih adonan pada loyang yang sudah dioles margarine dengan bantuan sendok hingga adonan habis.

7. Oven dalam suhu 150 derajat celcius selama 30 menit. Pastikan oven sudah panas sebelum memasukkan loyang.

Selamat mencoba..

| Leave a comment

Resep Beef Teriyaki

Sudah lama gak makan daging-dagingan karena daging di warung sayur terdekat harus by request. Kan saya mah belanja ngedadak. 😆 Akhirnya nemu warung sayur yang setiap hari ready daging sapi dan juga iganya. 😍

Harga 1/4 kg-nya per tgl 31 Maret 2017 Rp. 30.000,-. Ternyata 1/4 kg sedikit ya cuma untuk 2× makan ber-2 orang. Tapi lumayan lebih irit dari pada beli. Betul apa betul??😉

Yuk ah kita cus bikin Beef Teriyaki ala hokben. Emang bener sih, cocok pakai resep ini. Adzka lahap pake daging, padahal suka susah lho ngunyah ayam aja. 😁

Resep Beef Teriyaki
Bahan :

1/4 kg daging sapi, iris-iris tipis dan kecil

1/2 bawang bombay, iris memanjang

3 siung bawang putih, cincang halus
1 cm jahe, serut dan saring ambil airnya

1/4 sdt Lada

1/4 sdt Garam

5 sdm kecap manis

1 sdm saos tiram

3 sdm saos teriyaki

1/2 cabe paprika

150 ml air

1 sdt tepung sagu
Cara Membuat:

1. Marinasi (rendam dengan bumbu) daging dengan saos teriyaki, kecap manis, saos tiram, dan air jahe selama 1 jam.

2. Tumis bawang putih hingga harum.

3. Tambahkan daging dan air. Masak hingga empuk dengan api kecil.

4. Tambahkan garam dan lada bubuk

5. Masukkan paprika dan bawang bombay.

6. Masukkan tepung sagu, masak hingga mengental.

7. Sajikan dengan taburan wijen.
😉 Bikin laper yang masak juga lho. 

| Leave a comment

Resep Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo adalah minuman khas dari Makasaar, Sulawesi Selatan. Namun, sekarang sudah mulai tersebar ke wilayah di luar Makassar, seperti Jakarta, Bandung, dst, melalui para penjaja minuman ini. Rasanya segar seperti es oyen atau es campur untuk kuahnya.

Mari kita coba buat sendiri untuk di rumah, minum bersama keluarga. 

Pisang yang digunakan bisa pisang kepok, tanduk, atau uli ya. Di foto ini saya memakai pisang uli, karena pas sedang stok pisang uli dan rasanya juga tidak masam dibanding pisang kepok dan tanduk.

Resep Es Pisang Ijo

6 buah pisang, dikukus selama 5 menit
Bahan kulit :

10 sdm tepung terigu

10 sdm tepung beras

400 ml santan

1/2 sdt garam

1/4 sdm gula pasir

Beberapa tetes pasta pandan
Bahan bubur/fla :

5 sdm tepung beras

500 ml santan

3 sdm gula pasir

1/2 sdt garam

2 lbr daun pandan, simpulkan
Kuah : syrup cocopandan, susu kental manis, dan es batu
Cara membuat :

1. Campur semua bahan kulit. Lalu kukus dalam loyang selama 20 menit.

2. Bagi adonan kulit yang sudah dikukus menjadi 6 bagian. Pipihkan adonan dengan bantuan plastik kiloan sehingga berbentuk segiempat dan cukup untuk membalut pisang. Balut pisang dengan adonan kulitnya sehingga tertutup seluruh bagiannya. Pelintir ujungnya dengan bantuan plastik tadi untuk menggulung. Kuatkan lapisannya.

3. Kukus pisang ijo selama 15 menit.
4. Campur semua bahan bubur. Masak hingga meletup-letup sambil terus diaduk karena khawatir gosong.

5. Iris pisang ijo yang telah dikukus sekitar 1 cm atau sesuai selera.

6. Sajikan dengan syrup cocopandan, susu kental manis, es batu, dan bubur/fla-nya.
😉 Semoga menyegarkan harimu..

| Leave a comment